TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

BELIMBING WULUH (Averrhoa Bilimbi L.) RASA ASAM BERMANFAAT

Tanaman yang dapat tumbuh di tanah yang lembab. Buah belimbing wuluh biasa digunakan untuk memasak atau dibuat bumbu/penyedap sayur, sehingga dikenal juga dengan nama belimbing sayur. Buahnya lonjong berwarna hijau. Rasa buah masam. Buahnya bergerombol pada batangnya. Tinggi pohon dapat mencapai 5 meter. Daunnya berbentuk seperti telur ujung runcing. Bunganya berwarna merah.

Tanaman ini hampir semua bagiannya dapat dipergunakan untuk pengobatan, baik kulit batang, daun, bunga buah sampai ke akarnya.



Tanaman ini mengandung beberapa zat yaitu :

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Asam Format
  • Peroksida
  • Kalium sitrat
  • Vitamin C
  • Vitamin A 
Manfaat belimbing wuluh
Dalam dunia pengobatantradisional, belimbing wuluh dipergunakan untuk mengatasi beberapa penyakit antara lain :
  1. Membantu mengatur kadar gula darah. Flavonoid dan serat makanan yang terdapat di dalamnya dapat mencegah lonjakan gula darah sehingga dapat membantu mengatasi gejala diabetes.
  2. Mengatasi Hipertensi. Buah ini dapat dipergunakan mengatasi hipertensi dengan cara merebus buah belimbing dan diminum airnya secara teratur setiap pagi. Obat ini sudah dipergunakan secara tradisional.
  3. Mengobati Wasir. Unsur antiinflamasi yaitu tanin dan terpen dapat mengurangi pembengkaan di pembuluh darah anus dan rektum. Menggunakan campuran ekstrak daun dan buah dengan cara mengoleskan di area yang sakit dapat mengurangi rasa sakit, peradangan dan pendarahan, karena juga berfungsi sebagai analgesik.
  4. Menyembuhkan batuk dan pilek. Vitamin C yang banyak pada buah belimbing berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengatasi batuk dan pilek. Dalam pengobatan tradisonal seringkali batuk yang menahun dapat diobati dengan gabungan antara bunga, buah dan kulit pohon belimbing yang diambil ekstraknya dengan cara direbus.
  5. Memperkuat tulang. Kalsium yang terkandung dalam buah belimbing dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga kekuatan kerangka tubuh. Cara menggunakannya adalah mengkonsumsi ekstrak buah belimbing.
  6. Mengatasi kram otot. Sifat antiinflamasi dan analgesik  dapat digunakan untuk meredakan kram otot karena dapat mengatasi pembekaan dan mengurangi rasa sakit.
Selain untuk obat, buah belimbing wuluh juga dapat dibuat manisan dan sirup yang tentu saja mempunyai kandungan zat yang sama.



Pada prinsipnya bila kita mengkonsumsi ekstrak buah belimbing secara otomatis akan mendapatkan manfaat dalam pengobatan berbagai penyakit, sehingga sekali kerja dapat menghasilkan beberapa manfaat. Untuk obat tradisional ini hampir tidak ada efek samping kecuali penderita sakit maag disarankan tidak mengkonsumsi buah belimbing segar karena dapat meningkatkan asam lambung.



Salam  Sehat

Komentar