TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

GULMA, ALANG-ALANG ( Imperata Cylindrica ) MEMPUNYAI BANYAK MANFAAT

Alang-alang merupakan tanaman yang dianggap mengganggu karena pertumbuhannya yang cepat dan dapat tumbuh dimana saja, termasuk di tanah yang gersang. Apabila dibakar akan dapat tumbuh lagi bahkan semakin subur. Sehingga keberadaannya seringkali tidak diharapkan. Di areal yang tidak terurus yang pertama kali tumbuh pasti rumput dan alang-alang, sehingga seringkali dianggap mengganggu pandangan. Dengan daun yang tajam ini seringkali menimbulkan luka pada kulit dan bahkan akan merasa agak gatal, sehingga dalam usaha membersihkan tanaman ini harus hati-hati.



Selain dianggap tanaman yang mengganggu ternyata alang-alang mempunyai banyak manfaat dalam pengobatan, sehingga tidak jarang dicari untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Zat apa yang terdapat dalam tanaman alang-alang ini ??

Alang-alang mengandung beberapa zat antara lain :

  • Fernenol
  • Kampesterol
  • Skopolotin
  • Katekol
  • Asam Oksalat
  • Silidrin
  • Glukosa
  • Sakarosa
  • Manitol
  • Asam Sitrat
  • Coixol
  • Arundoin dan lain-lain
Manfaat alang-alang.
  1. Menjaga kesehatan jantung. Alang-alang yang mengandung imperanene dan graminone B, berkasiat menghambat pembekuan sel darah dan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah di jantung. Cara menggunakannya dengan merebus akar alang-alang dan meminumnya secara teratur.
  2. Mengobati penyakit hipertensi. Zat aktif yang terkandung pada akar tanaman ini dapat melarutkan kolesterol dan lemak sehingga dapat menyembuhkan hipertensi. Cara menggunakannya dengan merebus akarnya dari 2 gelas menjadi 1 gelas dan diminum airnya secara rutin.
  3. Mengobati penyakit asma. Untuk obat asma akar tanaman ini harus dikombinasikan dengan tanaman lain yaitu sirih dan kencur. Cara menggunakannya memerlukan bahan 100 gram akar alang-alang, 50 gram daun sirih dan 50 gram kencur. Ketiga bahan tersebut direbus dengan 200 ml air. Setelah mendidih, ditunggu sampai hangat, disaring dan diminum. Untuk menangani penyakit asma memang semua minuman sebaiknya dalam keadaan hangat karena dapat menghangatkan tubuh dan melonggarkan pernafasan.
  4. Mengobati diare. Caranya ambil 250 gram akar alang-alang, cuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring dan minum setelah buang air besar, selain untuk menggantikan cairan tubuh juga menghambat keluarnya cairan tubuh.
  5. Mengobati keputihan. Penyakit yang diderita kaum wanita ini sangat mengganggu, bahkan kadang-kadang diikuti dengan aroma yang menimbulkan kurang percaya diri dalam pergaulan. Untuk mengobati penyakit ini seringkali ditambahkan bahan lain misalnya daun pepaya atau pulasari. Air rebusan bahan tersebut diminum pagi dan malam hari secara teratur.
  6. Mengobati kencing manis. Caranya rebus 100 gram akar alang-alang dengan 400 ml air, kemudian disaring dan setelah dingin diminum secara teratur 2 kali sehari.
  7. Mengobati radang ginjal.Caranya rebus 30 gram akar alang-alang yang sudah dipotong kecil-kecil menggunakan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Saring dan diminum 3 kali sehari.


Salam  Sehat


Komentar