TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

TANAMAN TAWA-TAWA ( Euphorbia Hirta ) PENYEMBUH PENYAKIT UTAMA MASYARAKAT

Termasuk tanaman gulma karena mudah berkembang biak diantara tanaman yang lain. Tanaman ini sangat mudah tumbuh baik musim kemarau maupun musim hujan. Karena cepatnya berkembang biaknya, tanaman ini seringkali dianggap mengganggu pemandangan maupun pengganggu tanaman lain yang dibudidayakan. Tanaman ini tumbuh menempel di tanah.




Ternyata tanaman ini juga termasuk tanaman yang bermanfaat karena dapat dijadikan obat. Hanya saja banyak yang belum mengetahuinya, walaupun tanaman ini seringkali dijumpai di halaman dan dibuang sebagai tanaman yang mengganggu. Bahkan keberadaannya seringkali dianggap merugikan

Manfaat tanaman ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit lain, yaitu : 

  1. Menyembuhkan sakit demam berdarah, karena ekstrak tanaman ini dapat mempercepat peningkatan jumlah trombosit, sehingga mempercepat proses pengembuhan sakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 
  2. Menurunkan tekanan darah. Tanaman ini mempunyai kemampuan menghambat aktivitas enzim pengubah angiotensin yaitu zat yang menyebabkab pembuluh darah mengkerut sehingga dapat meningkatkan tekanan darah (vasokonstriktor simpatomimetik meningkatkan tekanan darah sementara). Sehingga tekanan darah dapat turun dan detak jantung akan menururn.
  3. Memperlancar pernafasan. Tanaman ini memiliki kemampuan melarutkan lendir yang lengket di tenggorokan dan mengendurkan otot bronkus sehingga dapat meredakan gejala asma.
Cara menggunakannya adalah :
  • Siapkan 5 - 6 tanaman tawa-tawa utuh
  • Cuci bersih
  • Potong akarnya
  • Rebus air sampai mendidih
  • Masukkan tanaman yang sudah dibersihkan ke dalam  air mendidih
  • Rebus  dengan api kecil selama 5 menit
  • Dinginkan
Air tersebut setelah dingin dapat diminum 4 sampai 5 kali sehari. Setiap minum cukup 1 gelas.



Salam  Sehat

Komentar