TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

TANAMAN KUMIS KUCING ( Orthosiphon Aristatus ) BESERTA SEGUDANG MANFAATNYA

Tanaman hias dengan bunga seperti kumis kucing, berwarna putih yang sangat indah. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun. Termasuk tanaman perdu.




Tanaman ini banyak tumbuh di Asia Tenggara. dan mudah tumbuh dimana saja, bahkan di tempat bekas bongkaran rumah yang jarang ditumbuhi tanaman lain.

Selain sebagai tanaman hias ternyata tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat di bidang kesehatan karena mengandung : minyak atsiri, zat samak, minyak lemak, garam kalium, alkaloida, saponin, asam rosmarinik

Manfaat tanaman kumis kucing antara lain :

  1. Mengobati masalah kantong kemih. Tanaman ini mengandung bahan diuretik yang dapat membantu memperlancar urine karena dapat melarutkan partikel-partikel dalam saluran kemih. Dengan lancarnya urine maka dapat terhindar dari peradangan dan timbulnya kecing batu, sekaligus membantu mengatasi infeksi saluran kemih.
  2. Meningkatkan fungsi ginjal. Tanaman ini mengandung bahan aktif orthosiphonin yang mampu menjaga asam urat, fosfat dan oksalat dalam bentuk larut sehingga dapat mencegah pengendapan dalam bentuk batu ginjal. Hal ini banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian.
  3. Menurunkan tekanan darah. Daun kumis kucing yang mengandung asam rosmarinik dapat membantu menurunkan tekanan daran. Hal ini disebabkan asam rosmarinik menargetkan enzim pengubah anglotensin yang dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi turun  dan kerja jantung menjadi normal karena aliran darah dapat lancar. Kerja jantung memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih ringan dapat menghindari adanya penyakit jantung.
  4. Mengatasi jamur. Tanaman ini mempunyai anti jamur sehingga dapat memberantas jamur. Terutama jamur yang menyerang saluran pencernaan, mulut dan vagina yaitu Jamur Candida Albicans yang biasa menimbulkan infeksi.
  5. Mengobati rematik. Rematik menimbulkan rasa sakit pada persendian. Cara mengobati menggunakan tanaman kumis kucing yaitu dengan merebus 5 lembar daun kumis kucing dengan 3 gelas air, kemudian tunggu sampai dingin baru diminum 3 kali sehari, setengah gelas sekali minum
Cara menggunakan adalah dengan merebus daun kumis kucing dan diambil ekstraknya.


Salam  Sehat

Komentar