TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

DAUN SARAF ( Hemigraphis Alternata ), INDAH DAN BERMANFAAT


Daun Syaraf atau juga dikenal dengan nama Red Flame Ivy seringkali dianggap sebagai tanaman hias karena warna daunnya yang indah berwarna ungu dengan bunga yang berwarna putih sehingga sangat terlihat kontras. Tanaman ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat dalam dunia pengobatan, sehingga tidak jarang dicari untuk mengobati penyakit tertentu.

Tanaman ini biasa tumbuh di daerah tropis. Mudah tumbuh subur karena tidak memerlukan cahaya matahari secara langsung bahkan akan tumbuh subur bila ada tanaman pelindungnya. Tanaman ini termasuk tanaman merambat karena pada pangkal daun apabila menempel ke tanah akan muncul akar yang nantinya menjadi seperti tanaman baru. Ujung tanaman akan segera menjalar ke tempat lain sehingga akan menjadi banyak.



Tanaman ini mengandung  Flavonoid, Polifenol, Tanin, Kalium, Natrium, asam fenolik.

Manfaat daun syaraf.

Tanaman ini mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan antara lain :

  1. Menyembuhkan luka. Dalam masyarakat tanaman ini biasa dipergunakan untuk menyembuhkan luka secara alami karena mengandung anti bakteri dan anti inflamasi  dapat dapat menhentikan pendarahan, sehingga mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya adalah daun saraf dihaluskan agar menjadi pasta, kemudian dioleskan pada luka.
  2. Termasuk tanaman yang dapat dipergunakan untuk membersihkan udara secara alami karena dapat menghilangkan racun dalam ruangan, sehingga apabila ditempatkan dalam ruangan maka dapat membersihkan ruangan dari racun. Penempatan tanaman ini dalam ruangan dapat memperindah sekaligus menyehatkan.
  3. Mengobati disentri caranya direbus dan diambil ekstraknya dan diminum
  4. Meringankan wasir caranya direbus dan diambil ekstraknya dan diminum secara teratur
  5. Memperlancar ASI caranya direbus dan diambil ekstraknya dan diminum secara teratur saat menyusui

Salam  Sehat




Komentar