TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

PUTRI MALU (Mimosa Pudica), TANAMAN JAHAT BERMANFAAT

Putri Malu (Mimosa Pudica) adalah tanaman yang mudah tumbuh dimana saja. Tanaman ini dapat ditemui di daerah tropis. Pada saat musim penghujan tiba tanaman ini akan tumbuh dengan subur. Pada saat musim kemarau hanya menyisakan sedikit daun dan kelihatannya agak kering, tapi setelah kena air hujan langsung dapat tumbuh dengan subur dan cepat.

Batang tanaman yang mempunyai duri pada seluruh batangnya sedangkan duri-duri ada pada sekitar daun dan bunganya. Duri-duri kecil tersebut mudah sekali menancap di tangan atau kaki. Duri tidak begitu kelihatan tetapi bila disentuh terasa nyeri. Ciri-ciri daun akan menutup bila tersentuh. Bunganya berwarna pink. Dianggap jahat karena durinya terdapat di seluruh batangnya yang dapat merambat kemana-mana bahkan dapat merambat di tanaman lain yang mengakibatkan tanaman yang ditempati tidak dapat berkembang, sehingga bila akan mencabut tanaman ini harus hati-hati.





Dari cara tumbuh dan keberadaannya yang kelihatannya merugikan tersebut ternyata juga mempunyai beberapa manfaat.

Kandungan zat pada tanaman putri malu.

  • antibakteri
  • antivenom
  • antifertilitas
  • antikonvulsan
  • antidepresan
  • afrodisiak

Manfaat Putri Malu

Dalam bidang kesehatan manfaat tanaman putri malu antara lain :
  1. Mengatasi sakit Gondongan. Gondongan merupakan sakit yang berupa pembekaan di bawah telinga disebabkan infeksi virus. Urat leher terasa tertarik dan sakit, bahkan untuk berbicarapun juga terasa sakit. Seringkali orang yang terkena sakit ini akan sulit untuk makan, sedangkan untuk menyembuhkan diperlukan stamina. Sebenarnya penyakit ini akan dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan peningkatan daya tahan tubuh. Agar cepat sembuh harus minum yang banyak, istirahat yang  cukup serta mengkonsumsi antai rasa sakit.Namun demikian bila tidak ditangani dengan baik akan sangat mengganggu aktivitas. Zat yang terkandung dalam putri malu dapat menghambat virus gondong namun tidak beracun bagi manusia.
  2. Mengatasi gangguan pencernakan. Zat yang ada pada putri malu dapat menetralkan asam lambung dan menghilangkan nyeri serta mual
  3. Mengatasi wasir. Senyawa putri malu dapat menyembuhkan peradangan.
  4. Mengatasi diare. Ekstrak daun dan biji putri malu dapat mengatasi diare karena dapat mengeluarkan racun dan kuman berbahaya dalam tubuh
Cara mengkonsumsi putri malu.
  1. Ambil 5 atau 6 tangkai daun putri malu yang masih segar dan cuci bersih
  2. Rebus dengan 200 ml air sampai warna air berubah 
  3. Setelah warna air berubah, angkat dan saring. Setelah hangat baru diminum.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi air rebusan putri malu
  • Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil
  • Tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar
  • Tidak boleh diminum oleh orang yang sembelit


Salam Sehat


Komentar