TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

TANAMAN YODIUM / JARAK TINTIR ( Jatropha Multifida ) MENGOBATI LUKA LUAR DENGAN CEPAT

Tanaman yang tumbuh liar dan mudah berkembang biak. Tanaman ini biasa diperoleh di rumah masyarakat tradisional karena selain bunga dan buahnya yang indah juga termasuk tanaman yang seringkali dipergunakan untuk obat. Namun sekarang keberadaan tanaman ini semakin menurun seiring dengan adanya obat-obatan dari bahan kimia. Bila dilihat dari efeknya pasti lebih ringan obat dari tanaman atau herbal.





Tanaman ini mengandung Saponin, Flavonoid, Tanin, Polifenol, Fenolik, dan terpenoid yang berfungsi sebagai anti bakteri terhadap staphilococcus aureus.
Manfaat tanaman Yodium.
Dalam masyarakat trasional getah tanaman ini dipergunakan untuk mengobati luka luar antara lain :
  1. Mengobati luka tersayat atau tergores yang mengeluarkan darah. Cara menggunakannya, luka dibersihkan dari kotoran kemudian diolesi getah tanaman yang dapat diperoleh dari potongan daun atau tangkai daun. Reaksi tanaman ini pada luka terasa perih saat dioleskan, sehingga untuk anak kecil perlu hati-hati saat memberikan. Efek penggunaan, luka langsung tertutup dan kering, tetapi apabila saat akan diolesi masih terdapat kotoran maka luka tersebut kelihatan kering dari luar tetapi dalamnya akan muncul nanah karena terjadi infeksi. Luka yang diobati akan segera tertutup dan bekas luka akan menjadi hitam dan keras. Setelah itu akan lepas dengan sendirinya dan akan segera timbul kulit baru.
  2. Mengobati luka bakar ringan
  3. Membantu pembekuan darah
  4. Membunuh bakteri
  5. Mengobati eksim.
  6. Mengobati herpes di kulit
Untuk pengobatan semua penyakit caranya sama, hanya diambil getahnya. Getah yang paling mudah diperoleh dari tangkai daun.
Biasanya tanaman ini dipergunakan sebagai pagar hidup sekaligus untuk persiapan bila terjadi luka. Getah tanaman ini termasuk keras sehingga jangan sampai kena mata, sehingga sebaiknya tidak dipergunakan untuk luka yang berada di dekat mata. Apabila kena mata segera dibasuh dengan air agar tidak menempel di selaput mata. Selain itu juga tidak untuk konsumsi sehingga jangan dimakan.



Salam sehat



Komentar