TERONG PIPIT (Solanum Torvum) imut beragam khasiat

TAPAK DARA (Chataranthus Roseus ), INDAH KAYA MANFAAT

Tapak Dara merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang biak di daerah tropis. Dari satu tanaman dapat berkembang jadi ratusan yang berasal dari bijinya yang jatuh ke tanah. Seringkali tanaman ini tumbuh jauh dari induknya karena bijinya yang kecil mudah tertiup angin sehingga dapat sampai kemana-mana. Bunga tapak dara ada yang berwarna merah, putih. Sebagai tanaman hias bunga ini harus diatur pertumbuhannya karena bila dibiarkan maka anaknya yang tumbuh dapat tidak beraturan. Warnanya indah tetapi baunya tidak harum. Tanaman ini berasal dari Madagaskar dan beredar sampai ke seluruh dunia. 








Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga mempunyai fungsi sebagai obat berbagai macam penyakit. Sehingga tanaman ini juga dipelihara untuk kegiatan pengobatan.

Tanaman ini mengandung beberapa zat antara lain :

  • Catharantine
  • Leurosine
  • Leurosidine
  • Vinblastine
  • Vincristine
  • Lochnerine
  • Tettrahydoalstonine
  • Vindoline
  • Vindolinine
Manfaat tanaman Tapak Dara dalam pengobatan antara lain :
  1. Mengobati diabetes. Senyawa Catharantine, leorosine, lochnerine, tetrahydoalstonine, vindoline, dan vindolinine dapat menurunkan kadar gula darah. Caranya dapat menyedu daun dan bunga tapak dara kemudian diminum di pagi hari. Dapat juga dengan langsung mengunyah 3-4 daun yang masih segar. Hanya saja daun ini akan terasa agak pahit.
  2. Mengobati kanker dan tumor. Kandungan catharantine, leurosidine, leurosine, vinblastine dan vincristine dapat mengobati kanker dan tumor. Caranya dengan mengeringkan daun dan bunga kemudian disedu dengan air panas.
  3. Menyembuhkan luka. Alkaloid yang terkandung dalam daun tapak dara dapat menyembuhkan luka, dengan cara mencampur daun tapak dara dengan kunyit dan dihaluskan. Kemudian dioleskan pada luka 2-3 kali sehari. Kunyit berfungsi untuk melemaskan luka karena termasuk antiradang.
  4. Mengatasi menstruasi tidak teratur. Caranya merebus 6-8 daun tapak dara dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian diminum saat menstruasi.
  5. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk berbagai penyakit misalnya koreng, asma, bronkitis, gondong dan lain-lain. 
Penggunaan tanaman ini secara sembarangan dapat menimbulkan efek samping, sehingga tidak boleh melebihi dosis.



Salam Sehat

Komentar